Studi Islam Interdisipliner dan Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Islam

  • Baittil 'Izzah
Keywords: Interdisipliner, Moderenisasi Beragama, Lembaga pendidikan Islam

Abstract

Islam telah menjadi kajian yang menarik banyak minat para peneliti untuk dikaji lebih dalam lagi. Studi Islam pun makin berkembang. Islam tidak lagi dipahami dalam pengertian historis dan doktriner, tetapi telah menjadi fenomena yang kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif, yang dimulai pada pencarian informasi dan mendeskripsikan, mengumpulkan data secara sistematis,dan menjelaskan secara deskriptif bukan berbentuk angka. dapat ditarik beberapa kesimpulan penting: Pertama, Pendekatan interdisipliner merupakan pendekatan yang sangat penting untuk digalakan apalagi jika pendekatan ini di pakai untuk memahami pesan-pesan Islam yang terkandung dalam alQur’an dan al- Hadits. Kedua, Pendekatan interdisipliner merupakah langkah pendekatan baru dalam rangka melakukan kontekstualisasi pesan-pesan Islam, agar pesan-pesan Islam betul-betul shalih li kulli zaman wa al-makan.Ketiga, Moderasi Islam mengedepankan sikap keterbukaan terhadap perbedaan yang ada yang diyakini sebagai sunnatullah dan rahmat bagi manusia.

Published
2020-12-16