Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indonesia

  • Hanif Fathoni
Keywords: Perkembangan Kurikulum, Madrasah, sistem pendidikan, SKB 3 Menteri

Abstract

Madrasah merupakan lembaga penddidikan berbasis agama yang sudah lama ada di negara Indonesia yang berupaya untuk secara aktif dapat mengembangkan potensi dalam diri peserta didik agar memiliki life skill dengan bekal spiritual, intelektual, kecerdasan emosional dan akhlak mulia, serta segala keterampilan yang mungkin diperlukan dalam masyarakat, bangsa dan negara. Perkembangan kurikulum madrasah di Indonesia tidak terlepas dari sejarah awal masuk agama Islam dan perkembangannya sejak zaman pra-kemerdekaan hingga sekarang. Secara garis besar kurikulum madrasah memiliki variasi yang berbedabeda tergantung situasi dan kondisi yang terjadi di berbagai macam tempat. Perbedaan variasi kurikulum tersebut dibagi menjadi 3 periode yaitu: 1). Kurikulum madrasah sebelum kemerdekaan, 2). Kurikulum madrasah sesudah kemerdekaan, dan 3). Kurikulum madrasah pasca kemerdekaan. Sebelum kemerdekaan, kurikulum madrasah cenderung tidak terstruktur karena orientasinya adalah dakwah penyebaran agama Islam. Terdapat juga di beberapa wiayah seperti di Sumatera khususnya Aceh, madrasah sudah memiliki bentuk kurikulum yang terstruktur walaupun masih cukup sederhana terutama pasca masifnya gerakan pembaharuan yang dibawa oleh para tokoh nasional yang belajar di Timur Tengah. Pasca kemerdekaan, kurikulum madrasah secara nasional sudah memiliki bentuk yang terstruktur dan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman hingga bisa menjadi kurikulum seperti saat ini.

Published
2020-12-17