Planning dan Organizing: Prinsip-Prinsip dan Fungsinya Bagi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

  • Taufiqur Rohman
Keywords: Perencanaan, Pengorganisasian, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Sebagai subsistem pendidikan nasional, maka pendidikan Islam seharusnya turut berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dengan menciptakan generasi terbaik(khairunnas/goden generation) yaitu generasi yang berprestasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan seharihari. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan Islam harus dikelola secara maksimal melalui Lembaga Pendidikan Islam (LPI). Pengelolaan Lembaga pendidikan Islam yang jumlah dan bentuknya sangat banyak tentu memerlukan pengembangan tersendiri untuk mencapai produktivitas dan out put yang berkualitas. Berbagai prinsip dan fungsi terkait dengan pengembangan sangat diperlukan agar Lembaga Pendidikan Islam tidak lagi dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua yang belum mampu memenuhi kepercayaan dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas. Dalam tulisan ini ditawarkan pengembangan yaitu perencanaan dan pengorganisasian. Fungsi perencanaan dimulai dengan mekanisme penentuan arah dan tujuan yang hendak dicapai dengan melibatkan ketua yayasan, kepala sekolah, guru, dan komite. Fungsi pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas dan tanggung jawab kepada seluruh civitas madrasah melalui rapat pembagian tugas sebelum tahun ajaran baru dilaksanakan.

Published
2020-12-18