Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Madrasah, dan Sekolah

  • Lili Lutviyatun Ni'mah
Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pesantren, Madrasah, Sekolah

Abstract

Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam Instansi pendidikan, Karena berkaitan dengan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Dalam suatu lembaga pendidikan, salah satu tokoh yang memiliki peranan yang begitu penting dalam pengembangan kurikulum adalah guru. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan yang terlibat langsung dalam mengembangkan, memantau, dan melaksanakan kurikulum sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Meskipun ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang cukup pesat, tidak berarti menyurutkan peranan guru. Oleh karenanya, guru sebagai pelaku utama pendidikan diwajibkan memenuhi kewajibannya sebagai pendidik professional, dan tentu saja sebagai pengembang kurikulum. Lembaga pendidikan yang ada di Indonesia memiliki keragaman, dimulai dari yang bersifat tradisional dan juga sampai yang bernuansa modern. Di Indonesia ini setidaknya memiliki tiga lembaga yang sudah dikenal oleh masyarakat, diantaranya adalah sekolah,madrasah dan Pesantren, yang mana setiap lembaga ini memiliki ciri khas tersendiri. Dan dalam proses perkembangan zaman lembaga- lembaga tersebut juga mengalami perkembangan salahsatunya perkembangan dalam kurikulumnya, karena itu kami penulis akan membahas sedikit ulasan tentang pengembangan kurikulum yang ada di pesantren, madrasah dan sekolah.

Published
2020-12-18