Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam

  • Muhammad Edy Muttaqin
Keywords: Evaluasi Kurikulum, Fungsi dan Model Evaluasi, Evaluator

Abstract

Evaluasi merupakan suatu proses dalam usaha untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan, Kurikulum merupakan keseluruhan kegiatan yang dirancang sekolah untuk memberikan berbagai pengalaman kepada siswa, baik di dalam ataupun di luar kelas. Sedangkan proses penilaian terdiri dari tiga komponen, yaitu pengumpulan informasi, pembuatan pertimbangan, dan pembuatan keputusan. Fungsi dan kedudukan evaluasi kurikulum dalam pendidikan terdiri dari tiga hal yaitu: Konsep evaluasi masalah nilai, evaluasi dan penentuan keputusan dan evaluasi konsensus nilai. Sedangkan model evaluasi kurikulum dalam pendidikan yakni: Evaluasi kurikulum model penelitian, model evaluasi kurikulum yang berorientasi pada tujuan, model evaluasi kurikulum yang lepas dari tujuan, model campuran multivariasi, model EPIC, model CIPP, model Ten Brink, model pendekatan proses, model evaluasi kuantitatif, model evaluasi kualitatif. Untuk menjadi evaluator dibidang kurikulum harus kompeten dibidangnya dengan syarat memiliki kemampuan dan kecermatan serta bersikap obyektif dan tidak mudah terpengaruh oleh keinginan dan kepentingan pribadi atau kelompok. Evaluator kurikulum dibagi menjadi dua macam, yaitu: evaluator dalam dan evaluator luar. Perbedaan antara evaluasi dan penelitian terletak pada tujuannya. Evaluasi bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data untuk bahan penetuan keputusan mengenai kurikulum apakah akan direvisi atau diganti. Sedangkan penelitian memiliki tujuan yang lebih luas dari evaluasi yaitu mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data untuk menguji teori atau membuat teori baru.

Published
2020-12-18