Pendekatan Inquiry dalam Pembelajaran PAI

  • Mohamad Maskur
Keywords: Inquiry, Pembelajaran PAI

Abstract

Kegiatan pembelajaran agar bisa berjalan maksimal dan tujuan Pendidikan bisa terealisai di antaranya bisa menggunakan pendekatan inquiri. pembelajaran Inquiry adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara logis, kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari masalah yang dipertanyakan.langkah pembelajaran inquiri diantaranya:merumuskan masalah,mengkaji masalah,mengetahui konsep masalah,mengajukan hipotesis,mengumpulkan data,menguji hipotesis,merumuskan kesimpulan.Kelebihan pembelajaran inquiri yaitu lebih menekankan aspek kognitif,psikomotorik dan afektif,sesuai gaya belajar siswa,sesuai perkembangan psikologi perkembangn pesrta didik,bisa melayani kebutuhan siswa yang punya kemampuan di atas rata- rata,Kelemahannya yaitu memerlukan kecerdasan yang tinggi sehinngga tidak semua peserta didik bisa melaksanakannya,menuntut peserta didik untuk bisa mandiri sehingga siswa terkadang kesulitan karena tanpa bantuan dari guru,guru hanyalah fasilitator dan motivator saja tidak boleh memberi informasi seperti mengajar dengan memberi penjelasn seperti biasanya,di kerjakan dengan kelompok sehingga aada siswa yang pasif,tidak cocok untuk usia anak SD,merepotkan bila jumlah kelasnya banyakSolusinya adalah memilah siswa ber IQ tinggi dan rendah,menyesuaikan antara materi,teori dan praktek dengan kemampuan peserta didik,guru tetap mendampingi siswa,berfikir positif serta menyiapkan tenaga pengajar yang mumpuni dan berpengalaman.

Published
2020-12-18